Thursday 17 November 2011

Aplikasikan teknik siaran ke standupcomedy! (@awangizm)

Standupcomedy, salah satu bentuk komedi dengan tampil tunggal (diidentikkan berdiri) dengan materi yang telah dipersiapkan. Standupcomedy, bisa berisi curhat atau pandangan comic (komedian) tentang sesuatu. Disini diasah kemampuan membelokkan nalar tapi menjaga logis. Standupcomedy, jauh lebih baik jika comic telah "menguasai" keadaan. Ini sangat membantu alur penampilan. Menjadi diri sendiri, salah satu kunci yang harus dimiliki setiap comic, karena dia akan bebas berekspresi dengan nyaman. Sebuah kejujuran.

Saya akan mencoba mengaplikasikan tehnik siaran ke standupcomedy. mari :)

Clarity: penyampaian verbal comic dengan jelas (aiueo) sehingga audience mudah menerima (tidak ada pertanyaan: ngomong apa dia barusan?)

Air Personality: ciri khas seorang comic. Apa yang membedakan kita dengan comic lain. Bisa apapun (materi, style, dll)

Theater Of Mind: imajinasikan materi kita, hingga audience juga ikut merasakannya

Range Vocal: variasi naik/turunnya intonasi. Akan bosen kalo kita omong lirih terus/teriak-teriak terus

Passing Timing: jeda waktu antar kata/antar kalimat/antar materi, supaya kita dan audience gak capek. Biar dapat emotionalnya juga

Ekspresif: marahlah, sedihlah, tertawalah, itu sangat membantu kita dalam delivering the stuff

Finally, be urself: karena kita tidak sama dengan orang lain, dan ini show kita. Jadi, tampillah sebagai kita! They want us

Respon bukan hanya tertawa terbahak-bahak, diam dan mendengarkan, itu juga sudah termasuk respon yang luar biasa. At least,someone is listening :) Berfikirlah positif, niat positif dan NIKMATI saja! kemudian lihat hasilnya :) Dan lakukanlah yg terbaik! Be total! When we do 100% we get 100%!

Yuk, kita latihan... simpel aja, tato yg pas utk preman adalah gambar ___________ dan itu ada di ___________ lalu, kenapa disitu? :)
Misal, preman tatonya REMOTE CONTROL di JIDAT nya, kenapa? Biar kalo mau ganti channel tv, cukup angguk-angguk kepala & bisa disambi ngasah golok

Materi bukan dihafalkan, tapi diendapkan. jadi ,bukan "hapal" materi, tapi "mengerti" materi. We know what we're going 2 deliver (Anang Batas, 2011)
Bikin audience senyum, itu luar biasa. itu respon kalo materi kita sampai dan menciptakan sesuatu (Alit Jabang Bayi, 2011)

Menurut pengalaman saya, kondisi cukup mempengaruhi. Lebih asik kalo tampil dlm kondisi seger dan mamen. Tanpa disadari, siapa saja dan apa saja bisa menginspirasi kita untuk berkarya. Maka hormatilah alam & isinya. Karena kita ada disitu :) Comic bisa saja gagal (ngeboom). Tapi inget, negara Jepang juga pernah di "bom" :) Free to think! Free to have opinion! But be careful to deliver it :) Comics, mari lakukan yg terbaik yg kita bisa! Karena kita selalu bisa. Mari lakukan bersama-sama! Bersama-sama... :) 

from TL @awangizm 28Oct2011

No comments:

Post a Comment