Monday 26 September 2011

Sejarah #SELOsoSELO @standupindojgj

StandUp Indonesia sedang naik daun, namun di Jogja, StandUp Comedy sudah ada sejak 5 tahun silam.

Di dalam StandUp Comedy terdapat event OpenMic, event tersebut merupakan ajang uji coba materi para pelaku standup (comic) sebelum tampil di event yg lebih besar. OpenMic juga merupakan tempat para pemula Standup Comedy-an merasakan panggung StandUp Comedy. Di @standupindojgj, OpenMic diadakan setiap Selasa Pukul 20.00 di @geronimocafe Jl.Kartini 1 C Sagan. OpenMic @standupindojgj berada dalam event #SELOsoSELO dimana event tsb merupakan event untuk semua jenis komedi.

Bagaimana sejarah event mingguan #SELOsoSELO terbentuk? Begini ceritanya:


Dulu saya suka berplesetanria di angkringan bersama dll.. *cikalnya bikin . Saya juga suka bikin acara humor (23an seri), gelak java, malam seribu conthong, dll di java cafe. Dulu saya juga siaran humor alternatif bersama eko bebek & dibyo, host kedai 24. Sebagian besar gojekan & plesetan. Setelah sekian lama tak ada media gojekan, rasanya kok perlu ada wadah utk guyon-guyon, sekaligus untuk romantisme juga. Maka muncul ide . ini sekaligus juga sebagai media menjembatani guyon antar generasi. Supaya tahu gaya guyon itu tidak sama dan semua harus saling dukung :) berisi berbagai macam komedi, boleh plesetan, gojekan, pantomim, nyanyi, tarian, dll.. sampai standup comedy, glenyengan, dll. Yang penting di guyubnya, syukur bisa lucu. Kalo enggak paling-paling malu. Siapapun boleh tampil, tidak SARA & tidak menyinggung. Di itu standup comedy adalah salah satu bagian saja, bukan utama. Yang khusus standup comedy ada di event lain, tapi nggak rutin. Meski banyak yg bilang ndeso & jadul saya tetap suka plesetan. Sehingga karna saya suka plesetan, jadi maaf kalo lebih dominan plesetannya :) saat itu langsung kita rembug ide di geronimo cafe bareng dan siapa lagi (lupa). Dan muncullah itu. Seloso/selasa kadang suka disingkat jadi selo selaning manungsa. Waktu itu mungkin selasa itu biasanya sepi kegiatan.. yakewae . (Anang Batas, 2011, dalam @anang_batas)

muncul pas ngobrol with . Bikin sarana gojek all genre untuk semua orang. pertama kali adalah tgl 16 Agustus 2011, belum banyak yg selo saat itu :). Plesetan menjadi agenda tetap ..pesertanya: semua yg ada di TKP..semua berhak mengumpan & merespon (at anytime). slalu kedatangan temen baru tiap minggunya & kami tdk pernah mengukur lucu/tidak..pokoknya ngumpul & gojek bareng (Awang, 2011, dalam @awangizm)

*tulisan ini pernah dimuat sebelumnya di widyansyah.co.cc

No comments:

Post a Comment